3 Cara Mudah Menghilangkan Sablonan di Baju


Baju yang disablon memang tampak lebih menarik daripada baju yang polosan. Namun seiring berjalannya waktu, seringkali sablonan pada baju menjadi rusak dan pecah-pecah. Jika sudah begini, Anda perlu mencari cara menghilangkan sablonan di baju. Sablonan yang sudah rusak akan mengganggu keindahan dari baju tersebut.


Menghilangkan Sablon di Baju

Apakah mungkin menghilangkan sablonan di baju? Tentu sangat mungkin. Caranya juga relatif mudah. Untuk menghilangkan sablonan pada sebuah baju, Anda bisa menggunakan salah satu dari tiga cara  berikut ini, yaitu :

  1. Dengan setrika
Anda bisa menggunakan setrika untuk menghilangkan sablonan pada baju, terutama jika jenis sablonan yang digunakan menggunakan bahan polyflex. Alat yang Anda butuhkan meliputi setrika, alkohol, dan pisau atau gunting. Jangan lupa juga siapkan baju yang akan dihilangkan sablonannya. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyetrika bagian sablon dari baju tersebut.

Namun sebelum memulai, panaskan setrika di pengaturan yang paling panas. Kemudian lapisi bagian dalam kaos dengan selembar kain atau bisa juga menggunakan karton. Hal ini berguna mencegah kerusakan kaos di bagian lainnya. Lapisi juga bagian atas sablonan dengan menggunakan selembar kain sehingga setrika Anda tidak langsung menempel dengan sablonan.

Jika setrika sudah panas, Anda sudah bisa menggunakannya. Tempelkan setrika pada kaos yang sudah dilapisi dengan kain selama beberapa detik kemudian angkat. Selagi masih panas, olesi sablonan kaos menggunakan kain yang dicelup dengan alkohol. Nantinya, sablonan baju akan terlihat mengkerut. Inilah kesempatan Anda untuk mengelupasnya. Jika sulit, Anda bisa menggunakan pisau atau gunting.

Cara ini tidak bisa dilakukan sekali jadi. Butuh sekitar 4-6 kali pengulangan agar sablonan benar-benar hilang dan terkelupas. Jika sudah hilang, Anda bisa mencucinya seperti biasa untuk melunturkan sisa sablon dan lemnya.

  1. Dengan pemutih pakaian
Cara menghilangkan sablonan di baju juga bisa dengan menggunakan pemutih pakaian. Namun sebaiknya baju yang dipilih berwarna putih agar tidak mempengaruhi warna baju Anda. Campurkan pemutih pakaian dengan air di sebuah wadah. Kemudian, rendam baju di campuran tersebut  selama kurang lebih 30 menit.
Setelah direndam, kucek baju di bagian yang ada sablonannya. Anda juga bisa menggunakan pisau, gunting, atau mengelupasnya dengan kuku.

  1. Dengan cairan M3/M4
Cairan M3/M4 merupakan cairan pelarut yang digunakan untuk menghilangkan sablonan pada baju. Cairan ini banyak dijual di toko-toko perlengkapan sablon dengan harga yang relatif murah.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melapisi baju dengan kain kering atau karton agar cairan pelarut ini tidak merembes ke bagian kaos yang lain. Jika sudah siap, olesi sablonan pada baju dengan cairan M3/M4 tersebut. Cara mengolesinya dengan menggunakan kain kering yang dicelup pada cairan pelarut ini. Kemudian tunggu beberapa saat hingga terjadi reaksi.

Selama pemakaian, Anda perlu berhati-hati. Anda disarankan memakai masker agar cairan ini tidak terhirup secara langsung. Hati-hati juga agar jangan sampai cairan tersebut mengenai permukaan kulit Anda.

Jika sablonan sudah terlihat mengkerut, Anda bisa mengelupasnya menggunakan pisau atau benda lainnya. Anda perlu mengulangi langkah ini 3-6 kali agar sablonan terkelupas semua. Setelah itu, cucilah baju hingga bersih agar tidak ada lagi cairan M3/M4 yang tertinggal.

Demikian 3 cara menghilangkan sablonan di baju. Selain mengulangi prosesnya beberapa kali, Anda juga perlu memperhatikan jenis sablonan yang digunakan pada baju Anda. karena berbeda jenis sablonan, berbeda pula cara menghilangkannya.

Post a Comment

0 Comments